Saturday, December 03, 2016
Masuk

CARA MEMILIH PESTISIDA

Dari hasil pengamatan selama ini para petani masih banyak betul belum memahami kegunaan dan cara memilih pestisida yang benar-benar tepat pada sasaran. Melainkan hanya ikut-ikutan dari mulut kemulut antar petani A ke petani B. Padahal setiap tanaman yang mereka budidaya memiliki kebutuhan juga masalah dan penyakit yang berbeda-beda, tanaman A terserang hama thrips sedangkan tanaman B terserang hama ulat grayak, Petani A membanggakan produknya karena berhasil tuntas dalam membratas hama pada tanamannya, Karena petani B bingung dengan keadaan tanamannya yang terserang hama juga dan ingin juga hama pada tanamannya bisa dibratas/kendalikan.

memilih Pestisida Mendengar kasiat produk yang telah digunakan petani A yang bercerita tentang mutu dan kasiat produk yang digunakan akhirnya Petani B mencoba untuk menggunakan produk tersebut untuk membratas hama ulat ditanamannya, lalu bagaimana hasilnya? wah sama sekali tidak mempengaruhi hama di tanamannya, padahal petani B juga sama2 sudah mengeluarkan modal buat tanamannya. karena hama pada tanaman petani B itu adalah hama ulat, maka jelas tidak mati, kalau hama pada tanaman petani A kan hama thrips, dan Produk yang digunakan petani A juga untuk hama thrips jelas manjur kasiatnya, dan hama ditanamannya dapat dibrantas dan dikendalakan, karena petani A tepat pada sasaran, sedangkan petani B hanya ikut-ikutan.

memilih Pestisida Untuk menghindari hal tersebut cobalah kita mau belajar dan mau bertanya dan konsultasikan ke ahli pertanian, saya jamin masalah pada tanaman akan mudah teratasi dan akan dapat lebih banyak pengetahuan dan juga mengurangi angka kegagalan, karena memilih pestisida yang tepat sasaran akan menghemat biaya modal dan menjadikan tanaman lebih edial.


Berikut ini cara sebelum memilih pestisida yang ingin digunakan :

1. KENALI JENIS PESTISIDA :

Ada berapa macam jenis Produk Pestisida contoh seperti : Fungisida, Insektisida, Herbisida, Bakterisida, Akarisida, Moluskisida, Perekat/Pembasah + Penembus, Pupuk Daun, dan Calsium Super. Jenis pestisida tersebut mempunyai kegunaan yang berbeda. berikut ini sedikit pemahaman dan kegunaan tetang jenis Pestisida

  • Jenis Fungisida.
Jenis Fungisida merupakan bahan pestisida yang di gunakan untuk mengendalikan penyakit akibat jamur dan cendawan pada tumbuhan/tanaman.

  • Jenis Insektisida.
Jenis Insektisida merupakan Bahan pestisida yang di gunakan untuk mengendalikan hama dan serangga.

  • Jenis Herbisida.
Jenis Herbisida merupkan salah satu pestisida yang berfungsi mengendalikan gulma.

  • Jenis Moluskisida.
Jenis Moluskisida adalah jenis pestisida untuk membunuh moluska, yaitu siput, bekicot dan trisipa dsb.

  • Jenis Bakterisida.
Jenis Bakterisida adalah pestisida untuk memberantas bakteri atau virus yang menyerang tanaman.

  • Jenis Akarisida.
Jenis Akarisida adalah sering disebut MITISIDA adalah bahan yang mengandung senyawa kimia beracun yang digunakan untuk membunuh tungau, caplak dan laba-laba.

  • Jenis Pupuk Daun.
Jenis Pupuk Daun adalah bahan-bahan atau unsur-unsur yang diberikan melalui daun dengan cara penyemprotan atau penyiraman pada mahkota tanaman agar langsung dapat diserap guna mencukupi kebutuhan bagi pertumbuhan dan perkembangannya.

  • Jenis Perekat/Pembasah + Penembus
Pelekat & Pembasah adalah Zat yang digunakan untuk membantu kinerja pada pestisida, sehingga dapat masuk ke jaringan sel tanaman dan menjaga pestisida di saat curah hujan dan cuaca yang kurang mendukung.


2. KENALI CARA KERJA PESTISIDA :
Cara kerja pestisida itu berbeda-beda juga mempunyai dosis dan Jenis sendiri-sendiri, Ada jenis Racun Kontak, Racun Sistemik, Racun Pernapasan, dan Racun Perut / Racun Lambung.

  • Racun Kontak.
Pestisida jenis Racun Kontak memiliki kinerja yang baik bila terkena atau kontak langsung pada hama atau penyakit sasaran.

  • Racun Sistemik.
Pestisida jenis Racun Sistemik memiliki kinerja yang baik bila racun yang disemprotkan ke bagian tanaman sudah terserap masuk ke dalam jaringan sel tanaman. Hama jenis serangga dan lainnya akan mati kalau sudah memakan atau menghisap cairan tanaman yang sudah menyerap racun. Racun sistemik sangat cocok untuk mengendalikan serangga penghisap atau serangga yang sulit dikendalikan menggunakan racun kontak.

  • Racun Pernafasan.
Pestisida jenis Racun Pernafasan memiliki kinerja yang baik bila terhisap melalui organ pernafasan. Aplikasi penyemprotan yang paling efektif ketika hama sasaran sedang berada puncak aktifitasnya, sehingga dengan pernapasan yang semakin cepat maka semakin banyak pula racun yang dihisap. Untuk jenis racun pernafasan hanya ada pada pestisida jenis insektisida.

  • Racun Perut / Racun Lambung.
Pestisida jenis Racun Perut / Racun Lambung memiliki kinerja yang baik bila pada bagian tanaman yang telah disemprot akan termakan oleh hama sasaran.


3. KENALI MASALAH TANAMAN :

Dalam memilih produk pestisida alangkah baiknya bila menyesuaikan dari kebutuhan tanaman kita, Dari apa dan jenis apa yang menjadi kebutuhan tanaman kita saat ini, mahal belum tentu baik, murah belum tentu buruk, semua tergantung kita sendiri yang memilih terbaik untuk kebutuhan tanaman kita. bila demikian kenali masalah yang ada pada tanaman kita sebelum anda menentukan memilih jenis pestisida.

  • Apa permasalahan yang terjadi pada tanaman kita ?
Apa terserang hama. Atau terserang penyakit.

  • Tentukan penyebab yang spesifik permasalahan tersebut ?
Contohnya bila tanaman kita terserang penyakit jamur atau bakteri, maka kita kenali terlebih dulu penyakit jamur dan bakteri apakah yang menyerang tanaman, Bila terserang jenis hama apakah jenis dan seperti apakah yang menyerang tanaman.

  • Bagaimana bila belum bisa mendifinisikan permasalahan ?
Jika demikian sebaiknya mencatat ciri-ciri permasalahan tersebut, kalau perlu membawa contoh tanaman yang bermasalah tersebut, dan tanyakan pada ahli pertanian, Formulator yang pertugas dilapangan, atau bisa teman petani yang tau dalam masalah tersebut, dan bisa datang langsung kios dan toko pertanian dengan menjelaskan permasalahan tersebut pada pemilik kios atau toko untuk minta saran dan solusinya, atau bila berkenan bisa konsultasi langsung ke cs kami, melalui via Chat langsung, via YM, Contact Us, Kirim Email atau bisa langsung menghubungi Via Telp dan SMS, kami siap melayani selama 24 jam.

Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi para petani. petani maju bangsa pun ikut maju.

Faedah Jaya : Cara Memilih Pestisida



pemasaran produk DISTRIBUTOR PERTANIAN
DISTRIBUTOR BENIH pemasaran produk
pemasaran produk PRODUK PESTISIDA
DISTRIBUTOR PUPUK pemasaran produk
pemasaran produk PRODUK UNGGULAN PRODUK PAKETAN pemasaran produk

Copyright © 2016, Distributor Indonesia - All Rights Reserved. SEO Powered by Master Seo from CV. Faedah Jaya.