Sunday, December 11, 2016
Masuk

PENGERTIAN PESTISIDA UNTUK KEMAJUAN PETANI

 

Petani Indonesia diberkahi dengan tanah subur dan iklim yang baik sehingga hampir semua tanaman bisa tumbuh di negeri ini. Namun, hal tersebut tidak berarti bahwa petani Indonesia tidak memiliki masalah dalam bercocok tanam. Berbagai macam penyakit, hama, dan pengganggu tanaman lainnya bisa menghancurkan produksi yang berujung pada kerugian besar. Karena itulah, peran Distributor Pestisida Pertanian sangatlah penting bagi kemajuan para petani Indonesia.

Tentunya pestisida yang digunakan oleh petani tentunya bukanlah pestisida sembarangan karena berbeda kondisi alam dan jenis tanaman, berbeda pula masalah yang dihadapi oleh petani. Produk pestisida yang tersedia meliputi fungsida, insektisida, herbisida, bakterisida, moluskisida, dan akarisida.

Fungisida adalah pestisida yang digunakan untuk mengendalikan serangan jamur dan cendawan pada tanaman yang menyebabkan penyakit seperti Busuk Daun akibat Phytophthora dan Bercak Ungu akibat Alternaria Porii. Bahan aktif yang digunakan dalam fungisida bermacam-macam tergantung jenis jamur yang akan dimusnahkan. Beberapa contoh bahan aktif fungisida adalah Bacillus Thuringlensis, Benomil, Difenokozanol, Klorotalonil, Propineb, Simoksanil, dan Tembaga. Produknya antara lain Acrobat 50WP, Antila 80WP, Bion M 1/48WP, Dakonil 75WP, Ridomil 4/64WG, Saromyl 35SD, dan Ziflo 90WP.

Insektisida digunakan untuk mengendalikan serangan hama dan serangga pengganggu seperti wereng, pengerek buah, lalat buah, dan thrips. Contoh bahan aktif pada insektisida adalah Asefat, Beta Siflutrin, Lamda Sihalothrin, Metomil, Profenofos, dan Piridaben. Beberapa produk insektisida yang tersedia antara lain Avidor 25WP, BM Promag 75SP, Catleya 500EC, Diazinon 60EC, Krenadan 3GR, Ludo 310EC, dan Taruna 400SL.

Herbisida adalah pestisida yang digunakan untuk mengendalikan gulma atau tanaman pengganggu. Isopropilamina Glifosat, Oksifluorfen, dan Parakuat Diklorida adalah beberapa bahan aktif yang biasa digunakan pada herbisida. Produk-produknya sendiri antara lain Ally Plus 77WP, Gempur 480XL, Gramoxone 276SL, Golma 240EC, Roundup 486SSl, dan Sandoup 480SL.

Bakterisida adalah pestisida yang digunakan untuk mengendalikan bakteri yang menyebabkan penyakit tanaman seperti busuk bakteri dan layu bakteri. Bahan aktif seperti Oksitetrasiklin dan Streptomicin Sulfat terbukti ampuh melawan bakteri tanaman. Contoh produknya adalah Agrept 20WP, Bactoxyn 150AL, dan Plantomycin 7SL.

Moluskisida adalah pestisida yang digunakan untuk mengendalikan hewan golongan siput atau moluska termasuk bekicot, keong, dan lintah. Produk moluskisida yang tersedia adalah Siputox 5G dan Toxiput 5GR. Yang terakhir adalah Akarisida yang merupakan pestisida untuk mengendalikan tungau dan kutu. Produknya Samite 135EC.

Karena akhir-akhir ini penyakit dan pengganggu semakin kuat, tersedia juga produk pestisida paketan berdosis tinggi yang ampuh melawan gangguan berat pada tanaman. Petani tidak perlu lagi berputus asa dengan adanya produk kuat ini.

Untuk melengkapi pertahanan dan perlawanan petani terhadap serangan pengganggu, produk-produk pertanian lain juga tersedia seperti perekat/pembasah dan kalsium.

Perekat/pembasah dapat membantu penyebaran pestisida secara lebih merata dan mencegah lunturnya pestisida saat hujan, mengandung bahan polyether, alkylated, dll. Produknya beragam seperti Agrostik, Neon Z, Pro sticker, dan Fox Up.

Kalsium merupakan pestisida memiliki nutrisi dan peran penting bagi tanaman. Kalsium membantu mencegah penyebaran jamur dan sebagai nutrisi mineral ini berfungsi menguatkan tanaman termasuk mencegah kerontokan bunga dan buah. Kekurangan kalsium bisa menyebabkan tanaman kuning, layu, dan busuk. Produk-produk kalsium seperti Agrical, Moo, TawaCal 58, dan Grical juga mengandung mineral-mineral lain seperti Magnesium, Boron, Ferum, Acid Insoluble, dan lain-lain.

Bagi para petani yang menginginkan produk terbaik bisa melihat daftar produk pestisida unggulan yang menjadi favorit petani karena telah terbukti keampuhannya adalah pilihan tepat. Yang terpenting adalah memilih pestisida yang tepat sesuai dengan masalah yang dialami sehingga pas sasaran dan tidak membuang uang.

Salam Sejahtera
By: Perusahaan Pestisida Indonesia

Copyright © 2016, Distributor Indonesia - All Rights Reserved. SEO Powered by Master Seo from CV. Faedah Jaya.