Saturday, December 03, 2016
Masuk

INFO PETANI TOMAT

 

26 Januari 2013 08:29 WIB
NASIB PETANI TOMAT

Petani hortikultura, terutama tomat sayur dan buah, di Kabupaten Madiun dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur, semakin terpuruk. Selain harga jual yang terus jatuh di tingkat petani, produktivitas pun turun akibat serangan hama busuk buah.

Subakir (40), petani di Desa Kaibon, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Rabu (26/12), mengatakan, produksi tomat turun hingga 60 persen. Oleh karena itu, hanya 40 persen tomat yang dapat dipanen pada musim panen di pengujung tahun ini.

”Tanaman diserang hama busuk buah. Penyebabnya adalah cuaca ekstrem, yang membuat curah hujan tinggi selama beberapa hari ini,” kata Subakir. Menurut dia, cuaca ekstrem membuat kelembaban yang tinggi sehingga mempercepat pembusukan daun. ”Lambat laun merembet ke buah,” lanjutnya. view detail »

 

 

23 Januari 2013 13:54 WIB
NASIBNYA PETANI TOMAT

Bupati Kerinci Murasman sangat prihatin dengan petani tomat di Kabupaten Kerinci, pasalnya harga tomat awal Tahun 2011 jauh anjlok, hal ini sangat memprihatinkan kepada petani yang ada didaerah tersebut.

Ribuan ton tomat asal Kecamatan Gunung Raya terbuang percuma, sebagian dari petani membiarkan buah tomat tertinggal dibatang tanpa dipanen. Hal itu mereka lakukan lantaran rendahnya harga tomat dipasaran yakni hanya Rp. 200/Kg, dan sangat tidak seimbang dengan biaya produksi yang telah mereka keluarkan.

Menurut petani, rendahnya harga tomat disamping musim panen berbarengan dengan petani tomat didaerah Curup, juga dikarenakan buruknya jalan menuju Provinsi Jambi.  view detail »


 

28 Nov 2012 15:38:08 WIB
PETANI TOMAT DI GARUT RUGIPetani tomat di Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengalami kerugian akibat harga jual hasil tani tersebut anjlok tidak mampu menutupi biaya modal tanam.
"Harga tomat sekarang murah sekali untuk balik modal saja tidak bisa," kata Awan Surtiwan (49) petani tomat di Kampung Pamulihan, Desa/Kecamatan Samarang, Rabu.

Ia mengatakan harga jual tomat matang dengan ukuran besar hanya mampu menembus angka tertinggi Rp700 per kg, sebelumnya bisa diterima di pasar Rp2000 per kg.
Tomat yang dijualnya itu, Awan mengaku hanya untuk menjadikan uang saja, daripada tomat busuk yang tentunya menyebabkan kerugian lebih besar lagi. view detail »

FAEDAH JAYA : INFO PETANI TOMAT



BUDIDAYA TOMAT
INFO HARGA TOMAT
DISTRIBUTOR PERTANIAN
TENTANG PERTANIAN

Copyright © 2016, Distributor Indonesia - All Rights Reserved. SEO Powered by Master Seo from CV. Faedah Jaya.